Minggu, 27 Maret 2016

Kekuatan Salib

Yeshua disalib untuk menebus kita dari dosa, kesalahan kita, dan kemalangan yang menimpa kita.

Dosa

Rm. 3:23 Karena semua orang telah berbuat dosa dan telah kehilangan kemuliaan Elohim.
Rm. 6:23 Sebab upah dosa ialah maut; tetapi karunia Elohim ialah hidup yang kekal dalam Yeshua Hamashiah Tuhan kita.
Yoh. 3:15 supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal.

Setiap orang sudah jatuh ke dalam dosa. Entah dosa besar entah dosa kecil, upah dosa adalah maut. Karena setiap orang sudah berdosa, maka setiap orang akan mati dan masuk ke dalam alam maut. Dosa itu tidak harus dosa besar. Bahkan "hanya" membenci sesama itu sudah sama dengan dosa membunuh. (1Yoh. 3:15 Setiap orang yang membenci saudaranya, adalah seorang pembunuh manusia. Dan kamu tahu, bahwa tidak ada seorang pembunuh yang tetap memiliki hidup yang kekal di dalam dirinya.). Dan mengingini perempuan dalam hati sudah sama dengan berzinah (Mat. 5:28 Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya.) Artinya, setiap dosa akan membawa manusia kepada maut.

Jadi bagaimana orang bisa naik surga? Ternyata bukan karena amal perbuatan baiknya yang kalau ditimbang lebih berat daripada dosanya. Karena setiap dosa, entah besar, entah kecil, akan mendatangkan maut. Manusia hanya bisa masuk surga atau menerima hidup kekal jika percaya kepada-Nya, kepada Dia yang telah mati di kayu salib. Yohanes 3:16 Karena begitu besar kasih Elohim akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Kita semua telah jatuh ke dalam dosa, dan upah dosa adalah maut. Artinya kita layak untuk binasa, masuk ke dalam api kekal. Tetapi Dia, Yeshua, telah menggantikan kita.Yes. 53:4 Tetapi sesungguhnya, penyakit kitalah yang ditanggungnya, dan kesengsaraan kita yang dipikulnya. Dengan percaya kepada-Nya, kita ikut disalibkan, dosa kita telah disalibkan. Rm. 6:6 Karena kita tahu, bahwa manusia lama kita telah turut disalibkan, supaya tubuh dosa kita hilang kuasanya, agar jangan kita menghambakan diri lagi kepada dosa.

Jadi kita bukan diselamatkan, kita masuk surga dan terbebas dari hukuman maut, bukan karena perbuatan baik kita, bukan karena amal kita lebih besar daripada dosa dan kesalahan kita, melainkan karena iman kita kepada Dia yang telah disalibkan dan mati bagi kita. Kita diselamatkan karena sudah ada yang menggantikan kita.

Kita diselamatkan bukan karena kita layak untuk diselamatkan, tetapi karena begitu besar anugerah dan kasih Elohim kepada kita, karena Bapa tidak menghendaki kita binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Keselamatan adalah anugerah, kita tinggal menerima dan mengimaninya di dalam Dia yang telah diserahkan bagi kita. Ef. 2:8 Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Elohim. Keselamatan itu bukan usaha kita, melainkan pemberian, karunia dari Elohim kepada kita yang mau menerimanya dalam iman. Dia mau datang agar kita tidak binasa, melainkan beroleh hidup dalam segala kelimpahan. Yohanes 10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan. 

Kesalahan 

Yeshua tidak hanya menebus kita dari dosa, melainkan dari kesalahan kita juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar